Ratusan Perusahaan di Jember Nunggak Iuran BPJS Ketenagakerjaan

Jember Hari Ini – Sekitar Rp 7 miliar uang iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan belum dibayarkan oleh perusahaan di Jember.

Kepala Bidang Pemasaran Kantor BPJS Ketengakerjaan Jember, Lesmana Dwi Putra, menyebutkan ada ratusan perusahaan di Jember yang menunggak pembayaran iuran BPJS, paling lama 12 tahun lebih. Pada akhir tahun 2014 lalu, BPJS Ketenegakerjaan sudah melimpahkan 130 perusahaan nakal itu kepada jaksa pengacara negara Kejaksaan Negeri Jember untuk memberikan pembinaan. Sebanyak 50 persen perusahaan diantaranya sudah berniat baik berjanji akan melunasi tanggungannya, namun belum banyak yang merealisasikan. Selebihnya, tidak mengindahkan panggilan kejaksaan.

Lesmana menambahkan, BPJS Ketenagakerjaan Jember sudah mengirimkan surat peringatan pertama dan kedua kepada sejumlah perusahaan nakal tersebut, agar segera melunasi tanggungannya. BPJS juga akan menelusuri keberadaan perusahaan itu untuk mengetahui eksistensinya, apakah masih mempekerjakan karyawan atau sudah gulung tikar. Sebab, jika perusahaan itu masih mempekerjakan karyawan tetapi tidak melunasi tanggungan iuran BPJS, maka secara otomatis jaminan karyawan juga terpending. (Fathul)

(505 views)