Pemkab Jember Berencana Bangun Pelabuhan Baru di Gumukmas

Jember Hari Ini – Pemkab Jember berencana mengusulkan pembangunan pelabuhan baru di kawasan Gumukmas kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan. Seluruh anggaran akan ditanggung pemerintah pusat, sementara Kabupaten Jember hanya diminta menyiapkan lokasi.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Perikanan dan Kelautan (Disperikel) Jember, Muhammad Cahyono, menjelaskan, Kabupaten Jember memiliki potensi perikanan tangkap lestari sekitar 40 ribu, tetapi baru 22 persen saja yang sudah tergarap. Salah satu kendalanya, pelabuhan di Puger dinilai kurang representatif karena sulitnya nelayan keluar masuk pelabuhan. Solusinya, harus membangun pelabuhan baru. Diharapkan dengan adanya pelabuhan baru ini, masyarakat setempat tidak hanya sebagai penonton, tetapi juga mampu berkreasi memanfaatkan pelabuhan semaksimal mungkin untuk menambah pendapatan sehari-hari.

Disperikel Jember sudah mengajukan program ini kepada Bappekab, terutama untuk memperjelas status kepemilikan lahan. Sebab, kejelasan status lahan akan menjadi salah satu syarat yang akan diminta oleh tim kelayakan dari pemerintah pusat.

Diberitakan sejumlah media massa nasional sebelumnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan berencana membangun 24 pelabuhan baru di Indonesia. Namun, sejauh ini pihak kementerian belum menentukan titik pembangunan pelabuhan tersebut, sehingga Pemerintah Daerah khususnya yang memiliki potensi laut, diminta melakukan persiapan. (Sigit)

(563 views)