1 dari 5 Remaja Putri Hamil di Luar Nikah, 3 Juta Pemuda Indonesia Terjerat Narkoba

Satu dari 5 remaja putri, hamil di luar nikah. Data ini disampaikan Staf Khusus Bidang Kepemudaan Kementerian Pemuda dan Olahraga, Zainul Munasichin, saat Dialog Bersama Rakyat (Dobrak), Sabtu pagi.

 

Data kubangan hitam pemuda itu semakin mencengangkan, jika ditambah dengan data dari Badan Narkotika Nasional (BNN), yang menyebut 3 juta pemuda Indonesia terjerat narkoba. Pemuda yang dimaksud oleh Kemenpora, kata Zainul, adalah mereka yang berusia antara 16 hingga 30 tahun. Karena itu, Kemenpora terus menggulirkan 4 program revolusi mental pemuda, diantaranya pemuda mandiri secara ekonomi, pemuda bebas narkoba, miras, dan pergaulan bebas, membangun nasionalisme dan cinta tanah air dalam jiwa pemuda, serta pemuda sebagai pelopor perubahan.

 

Diakui Zainul, 4 program itu bukan pekerjaan mudah, karena harus mengubah cara berpikir dan cara bertindak. Sehingga, selain menggandeng organisasi kepemudaan, Kemenpora juga menggandeng pemuda dalam komunitas musik, film, lembaga pendidikan, dan IT.

 

Herman, gitaris Seventeen band, sekaligus juru bicara Move On Project menjelaskan, proyek kerjasama dengan Kemenpora tersebut bermaksud mengajak pemuda agar berpindah haluan hidup, dari yang negatif menuju yang positif, misalnya dari kubangan narkoba menuju bebas narkoba. Beberapa program terdekat yang akan digelar Move On Project adalah turnamen futsal antar-band di Bandung, serta rilis album kepemudaan bersama Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. (Ely)

(304 views)