Meski Naik 2 Kali Lipat, Pemerintah Belum Tetapkan DB Sebagai Kejadian Luar Biasa

Jember Hari Ini – Kasus Demam Berdarah (DB) di Kabupaten Jember bulan Februari lalu,  mengalami peningkatan hingga dua kali lipat dibanding bulan yang sama tahun sebelumnya. Meski demikian, Pemerintah Provinsi Jawa Timur belum menetapkan demam berdarah sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

 

Menurut Kepala Humas Dinas Kesehatan, Yumasrlis,  jumlah kasus DB  Februari tahun lalu sebanyak 124 kasus. Sedangkan bulan Februari tahun ini sudah mencapai 313 kasus, yang artinya meninghat 2 kali lipat lebih. Seharusnya  sesuai rumus yang ada, kasus Demam Berdarah di Kabupaten Jember sudah masuk Kejadian Luar Biasa. Namun, penentuan KLB, lanjut Yumarlis, dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa tImur. Dinas Kesehatan Kabupaten Jember hanya melaporkan terjadinya peningkatan kasus lebih dari 2 kali lipat dibanding bulan yang sama dengan tahun sebelumnya.

 

Meski demikian, lanjut Yumarlis, Dinas Kesehatan Jember sudah melakukan upaya penanganan DB sama dengan KLB. Seperti melakukan fogging dan pemberantasan sarang nyamuk pada daerah endemik DB.

 

Yumarlis menambakan, di 5 Maret 2015, sudah ada 26 kasus DB. Artinya sudah ada penurunan kasus untuk setiap harinya antara 5 hingga 6 kasus. (Hafit)

(619 views)