Terjadi Selisih Antara Kebutuhan Dan Ketersediaan Sebabkan Kelangkaan Pupuk

Terjadinya kelangkaan pupuk yang selama ini sering dikeluhkan petani penyebab utamanya dikarenakan antara kebutuhan pupuk yang disusun petani melalui rencana definitif kebutuhan kelompok rdkk dengan ketersediaan subsidi dari pemerintah terjadi selisih sangat jauh.

Manager humas pt petrokimia gresik yusuf wibisono menerangkan di tahun 2014 lalu kebutuhan pupuk petani secara nasional mencapai 15 juta ton lebih, padahal kemampuan subsidi pemerintah hanya sembilan koma lima juta ton.

Jadi lanjut yusuf tidak heran jika kemudian sering terjadi kelangkaan pupuk di tingkatan petani, selain faktor tersebut kelangkaan juga disebabkan karena di lapangan pupuk bersubsidi disalahgunakan.

Pupuk yang seharusnya digunakan untuk lahan pertanian justru digunakan di daerah hutan, padahal lahan di daerah hutan tidak masuk ke dalam rdkk petani.

Yusuf berharap untuk mengantisipasi penyalahgunaan pupuk bersubsidi pemerintah hendaknya memaksimalkan peran komisi pengawasan pupuk dan pestisida kp3, sebab di dalam lembaga itu terdapat aparat penegak hukum seperti kejaksaan kepolisian dan pemerintah.

(629 views)
Tag: