Realisasi PBB Tahun 2014 Belum Maksimal

Meski sudah memasuki tahun anggaran 2015, namun realisasi pajak bumi dan bangunan, pbb untuk tahun 2014 belum maksimal. hal itu terungkap saat komisi c dprd jember, mendatangi dinas pendapatan daerah, senin siang.

Menurut Anggota Komisi C Dprd Jember, Rachmat Fachkurniawan, ada beberapa penyebab mengapa realisasi pbb belum maksimal. diantaranya, di beberapa kecamatan, ternyata sppt milik warga, tidak terdistribusi langsung.

SPPT dari dispenda ngendon di kecamatan, sehingga warga tidak mengetahui mengenai kewajibannya tersebut. politisi golkar itu mengaku tidak habis fikir, mengapa sppt itu tidak terdristibusi.

Padahal, menjadi kewajiban bagi pihak kecamatan, untuk mendistribusikan sppt kepada pihak desa, untuk disampaikan kepada wajib pajak. selain itu kata rachmat, ternyata uang pajak yang sudah dibayarkan masyarakat, tidak segera disetorkan oleh oknum perangkat desa.

Rachmat mengaku menyesalkan atas temuan tersebut. sebab itu menandakan, pihak kecamatan dan desa, telah menyelewengkan amanahnya. atas temuan tersebut, komisi c telah meminta kepada dispenda, untuk menindaklanjuti dan merekomendasikan kepada kejaksaan, sebagai jaksa pengacara negara.

(479 views)