Rio Febrian – Matahari

Rio FebrianFebruari ini adalah bulan yang istimewa buat seorang Rio Febrian. Tepat di bulan kelahirannya ini, ia meluncurkan single terbarunya berjudul Matahari. Ini adalah single keduanya setelah sebelumnya ia merilis single bertajuk Memang Harus Pisah di bulan Oktober 2014 lalu.

Ada cerita seru dibalik proses penggarapan single Matahari. Materi lagu ini dibuat saat Rio melakukan workshop di Swedia di bulan Oktober 2014. Memasuki minggu ke-2 di Swedia, Rio mulai kangen dengan suasana di tanah air. Kangen pada orang-orang terdekat dan kangen dengan suasana kehangatan negeri tropis. Maklum saat itu sudah masuk musim gugur, hawa terasa dingin, dan matahari jarang muncul. Suasana terasa gloomy. Suatu pagi, dia terbangun dan mendapati matahari bersinar cerah. Rio pun kegirangan. Matahari yang hanya muncul dalam hitungan satu jam saja itu mampu menginspirasi Rio untuk membuat komposisi lagu.

Rio berkolaborasi dengan Inu Numata dan produser swedia Gustav Efraimsson dalam menggarap musiknya. Saat itu Gustav memberikan masukan ingin membuat sisi lain dari Rio Febrian. Musiknya dikemas dengan nuansa akustik dan mengeksplorasi warna vokal Rio dengan suara falset. Rio yang selama ini dikenal dengan warna vokal Bariton ini mengaku tertantang.

“Seru banget. Ini pertama kalinya saya nyanyi dengan pendekatan yang berbeda. Musiknya juga asyik. Lagunya easy listening, dengan isian gitar akustik, synthesizer, dan ada isian string livenya.”

Ketika musiknya sudah jadi, tinggal urusan penggarapan lirik. Rio mengaku energinya banyak terserap untuk menggarap musiknya, sehingga hanya sanggup membuat beberapa bait. Akhirnya ia menyerahkan urusan ini pada Mhala Numata.

“Karena perbedaan waktu 6 jam, Mhala saat itu saya telpon sudah tengah malam. Langsung saya tembak untuk membuat lirik dengan kata kunci matahari. Dan langsung minta jadi saat itu juga,” jelas Rio sambil tertawa.

Jadilah sebuah lirik lagu dengan tema classic love. Berkisah tentang cinta yang diibaratkan sebagai seseorang yang ditunggu-tunggu kedatangannya untuk menghangatkan kehidupan, layaknya matahari. Simpel namun puitis dan langsung menyentuh hati.

Lagu Matahari ini nantinya dapat dinikmati sebagai bagian album terbaru Rio Febrian yang rencananya akan dirilis di bulan April 2015. Ada banyak kejutan yang akan dibawakan oleh Rio Febrian di dalamnya. Kita tunggu saja !

(702 views)
Tag: