IAIN Jember Berencana Membuka 3 Fakultas Baru Di Banyuwangi Dan Probolinggo

Institute Agama Islam Negeri Jember, berencana mengembangkan sayapnya ke sejumlah kabupaten di sekitar jember. Diantaranya IAIN Jember berencana membuka fakultas baru di kabupaten banyuwangi dan probolinggo.

Rektor IAIN Jember Babun Suharto menjelaskan, dalam rangka perubahan status stain menjadi IAIN dan proses menuju universitas islam negeri, dirinya menjalin komunikasi dengan beberapa kepala daerah di sekitar jember.

Di Banyuwangi misalnya, Bupati Banyuwangi tahun ini memberikan lahan seluas 20 hektar, yang bisa dimanfaatkan oleh IAIN. rencananya IAIN negeri jember akan membuka dua fakultas baru, fakultas kehutanan dan tehnik maritim di banyuwangi. sehingga kantor pusat IAIN tetap berada di jember, namun memiliki banyak fakultas yang tersebar di beberapa kabupaten.

Selain di Banyuwangi, bupati probolinggo juga sudah menyiapkan lahan seluas 5 hektar lengkap dengan bangunannya, yang juga dipersilahkan untuk dimanfaatkan oleh IAIN negeri jember. rencananya di probolinggo dirinya akan membuka fakultas tehnologi informasi.

Sedangkan di jember sendiri akan segera di buka fakultas tehnik. komunikasi dengan kepala daerah lanjut babun, sampai saat ini terus dilakukan. sehingga tidak menutup kemungkinan di bondowoso, situbondo dan lumajang, IAIN jember akan membuka fakultas baru sesuai dengan potensi lokal yang dimiliki.

(793 views)