Antisipasi Tehnis Erupsi Gunung Raung Mencapai 99 Persen

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bpbd Jember, sudah menyelesaikan antisipasi tehnis jika sewaktu-waktu gunung raung meletus. hal ini dilakukan karena 3 kecamatan di wilayah jember, diprediksi akn mengalami dampak langsung jika terjadi erupsi gunung raung.

Menurut Kepala Bpbd Jember Suhanan, pihaknya sudah melakukan pemetaan daerah mana saja yang diperkirakan akan terdampak ketika terjadi erupsi gunung raung. berdasarkan pengamatannya, terdapat sedikitnya 14 desa yang tersebar di kecamatan silo, ledokombo dan sumberjambe, yang masuk zona rawan bencana primer.

Untuk mengantisipasi dampak terburuk, bpbd bersama perangkat desa setempat setiap waktu melakukan sosialisasi kepada masyarakat, tentang peningkatan status gunung raung dari normal menjadi waspada. bahkan semua persiapan tehnis yang dilakukan bpbd saat ini sudah mencapai 99 persen.

Lebih jauh Suhanan menjelaskan, potensi bahaya gunung raung jika terjadi erupsi diantaranya awan panas, aliran lava dan lontaran batu pijar. bahkan jika letusan membesar, ketiga kecamatan tersebut berpotensi terkena banjir lahar dan hujan abu

(468 views)