PU Pengairan Setiap Tahun Kehilangan 25 Unit Pintu Air

Dinas pu pengairan setiap tahun kehilangan 25 unit lebih pintu air. hal ini menjadi persoalan serius ketika memasuki musim penghujan seperti saat ini, karena untuk mengganti pintu air tersebut dibutuhkan biaya antara 15 sampai 25 juta rupiah per unit.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pu Pengairan Jember Joko Santoso beberapa waktu lalu. menurut joko pintu air ini berfungsi untuk mengatur debit air, agar yang masuk ke areal persawahan sesuai kebutuhan. namun fakta dilapangan mayoritas pintu air yang sebagian terbuat dari kuningan ini, tidak dapat berfungsi karena hilang dicuri.

Setiap tahun lanjut joko, dirinya menerima laporan tidak kurang dari 25 unit pintu air hilang. bisa jadi pencuri tergiur dengan bahan pintu air, yang mengandung sedikitnya 6 kilogram kuningan tersebut. padahal biaya untuk mengganti pintu air tersebut rata-rata 15 sampai 25 juta per unit.

Kedepan lanjut joko, dirinya berencana melakukan perbaikan pintu air yang hilang dengan sistem swakelola. artinya perbaikan dan pengawasan dilakukan sendiri oleh petugas dinas pengairan setempat. sehingga petugas pengairan di daerah memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjaganya.

(442 views)