Warga Desa Curah Kalong Usulkan Pemekaran Desa

Sejumlah Warga Desa Curah Kalong Kecamatan Bangsalsari, meminta dilakukannya pemekaran desa. sebab dengan jumlah penduduk mencapai 18 ribu jiwa, dirasa terlalu besar untuk kapasitas penduduk dalam satu desa.

Seperti diungkapkan salah satu Warga Desa Curah Kalong Rustam kepada sejumlah wartawan. menurut rustam, saat ini dengan luas wilayah sekitar 7 ribu hektar, jumlah penduduk mencapai 18 ribu jiwa. masyarakat mengusulkan 3 ribu hektar diantaranya dengan jumlah penduduk 7 ribu jiwa, dipisah menjadi desa baru.

Rustam berpendapat, dengan jumlah perduduk terlalu besar seperti saat ini, pemerintahan desa tidak mampu mengelola dengan baik. kesejahteraan masyarakat akan sulit tercapau. terbukti untuk persoalan infrastruktur saja, masih banyak yang belum bisa tersentuh. padahal infrastruktur merupakan kebutuhan vital untuk perkembangan perekonomian masyarakat.

Sementara Ketua DPRD Jember Thoif Zamroni ketika dikonfirmasi mengaku sudah menerima usulan tersebut. dalam waktu dekat surat usulan akan didisposisikan kepada komisi a, untuk dilakukan kajian lebih mendalam dengan melibatkan eksekutif.

Pada dasarnya menurut tho’if, sesuai undang-undang pembentukan desa baru boleh dilakukan, sepanjang memenuhi beberapa syarat. diantaranya desa induk sudah berusia diatas lima tahun, serta jumlah penduduk satu desa di jawa maksimal 12 ribu jiwa, atau 6 ribu kepala keluarga.

(393 views)