BPBD Jember Pasang Tujuh Alat Pendeteksi Dini Gelombang Tsunami

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember memasang alat peringatan dini tsunami, atau early warning system, di tujuh titik yang tersebar di enam kecamatan.

Kepala BPBD Jember Suhanan menjelaskan, enam kecamatan yang telah dipasang alat pendeteksi dini tsunami diantaranya, puger, kencong, gumukmas, wuluhan, ambulu dan tempurejo. Enam kecamatan itu dinilai masuk daerah awan terjadi bencana tsunami.

Hal itu lanjut suhanan, disebabkan karena letak geografisnya berada di kawasan pertemuan lempeng eurasia dan australia. khusus untuk daerah kecamatan puger, bpbd jember memasang dua alat sekaligus.

Diharapkan  dengan alat tersebut. masyarakat yang tinggal enam kecamatan, bisa mengetahui dan mendeteksi sejak dini jika akan terjadi gelombang tsunami, salah satunya dengan tanda bunyi sirine. sehingga, masyarakat bisa menuju ke jalur evakuasi yang sudah ditentukan.

Dari data yang berhasil dihimpu, pada tahun 1994 silam, gelombang tsunami pernah melanda di pesisir pantai bandealit kecamatan tempurejo. akibatnya, sekitar 100 orang menjadi korban akibat bencana tersebut.

(468 views)