Aliansi Mahasiswa Jember Gelar Aksi Demontrasi Tolak Kenaikan BBM

Ratusan aktifias mahasiswa gabungan HMI, PMII, GMNI Dan LMND senin siang menggelar aksi unjuk rasa di bundaran dprd jember. mereka menuntut pemerintah membatalkan rencana kenaikan harga bbm, yang dinilai justru akan berdampak kepada masyarakat kecil.

Sebelum berorasi di Gedung Dprd Jember, ratusan mahasiswa yang mengatasnamakan dirinya aliansi mahasiswa jember ini melakukan longmarch dari doubleway unej menuju dprd jember. meski awalnya keinginan mereka masuk halaman gedung dprd jember dihalau oleh petugas kepolisian, setelah terjadi aksi saling dorong mereka akhirnye berhasil masuk gedung dprd jember.

Dihadapan ketua dan wakil ketua dprd jember yang menemui perwakilan mahasiswa mereka menyatakan, rencana pemerintah menaikkan harga bbm justru akan menyengsarakan rakyat. alasan pemerintah menaikkan harga bbm karena jebolnya apbn, dinilai kurang tepat dan perlu di tinjau ulang.

Pemerintah sendiri selama ini tidak pernah transparan terhadap penggunaan anggaran. justru yang harus dilakukan pemberantasan mafia migas, serta re-negosiasi kontrak migas sesuai dengan undang-undang dasar. pengalihan subsidi bbm ke progam lain dengan nama kartu sakti apapun, dinilai sebagai pencitraan belaka.

Sementara Wakil Ketua Dprd Jember Ayub Junaedi yang menemui perwakilan mahasiswa mengatakan, kenaikan bbm merupakan kewenangan pusat, sehingga dprd di tingkat kabupaten sama sekali tidak bisa berbuat banyak.

Yang bisa dilakukan dprd jember lanjut ayub, hanya memprediksi dampak dari kenaikan bbm tersebut, yang kemudian diaplikasikan dalam kebijakan apbd 2015 yang kebetulan saat ini sedang dibahas. salah satunya mengalokasikan anggaran 15 milyar rupiah dalam apbd, untuk keperluan jaminan kesehatan masyarakat miskin. sebab kebutuhan hidup dasar masyarakat yang paling utama adalah kesehatan.

Setelah puas mendengar sikap dprd jember yang ternyata sejalan dengan tuntutan mereka, ratusan mahasiswa ini akhirnya membubarkan diri dengan tertib. namun sebelumnya mereka membakar dua buah boneka bergambar jokowi-jk, sebagai bentuk kekecewaan mereka terhadap kepemimpinan presiden dan wakil presiden baru ini.

(409 views)