Pemkab Jember Tetapkan Lahan Abadi Pertanian Seluas 101 Ribu Hektar

Pemerintah kabupaten jember menetapkan lahan abadi pertanian seluas 101 ribu hektar lebih. langkah tersebut diambil untuk melindungi alih fungsi lahan produktif.

Menurut Kasi Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Jember, Luluk Hermanto, saat ini luas lahan pertanian pangan berkelanjutan di kabupaten jember mencapai 101 ribu lebih. dengan rincian 81 ribu lahan tehnis atau sawah, dan sisanya, lahan kering seluas 20 ribu hektar lebih.

Menurut Luluk, meski telah ditetapkan seluas 101 ribu hektar lebih, namun dibutuhkan payung hukum berupa peraturan daerah, untuk melindungi lahan tersebut. sebab jika tidak, lahan pertanian di jember terancam akan habis.

Saat ini lanjut Luluk, Pemkab Jember akan merumuskan rancangan perda tersebut, dan akan diusulkan ke dprd jember, untuk dilakukan pembahasan.

Lebih lanjut luluk menjelaskan, untuk musim tanam tahun ini, pihaknya menargetkan ada lahan seluas 161 ribu hektar. hanya saja, fakta di lapangan target tersebut meleset. lahan yang ada seluas 153 ribu hektar.

(430 views)