Antisipasi Terjadi Kebakaran Di Gunung Ijen, BKSDA Jawa Timur III Gandeng Sejumlah Instansi

Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur III Di Kabupaten Jember, akan menggandeng sejumlah instansi terkait, untuk mengantisipasi terjadinya kembali kebakaran di Wilayah Gunung Ijen.

Kepala BKSDA Jawa Timur III Di Jember, Sunandar Tri Gunajasa mengatakan, pasca kebakaran yang melalap lahan seluas 150 hektar, sejak rabu hingga minggu lalu, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait.

Diantaranya kata dia, Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Banyuwangi, Perhutani, Serta Masyarakat Di Wilayah Gunung Ijen. BKSDA akan mensosialisasikan pencegahan agar tidak terjadi kembali kebakaran di hutan gunung ijen.

Sebab lanjut Sunandar, dengan cuaca panas yang cukup ekstrim seperti saat sekarang, ditambah dengan angin cukup kencang, sangat rawan terjadi kebakaran. untuk itu, diharapkan bagi masyarakat sekitar, juga terus diajak untuk ikut mengawasi dan menjaga wilayah gunung ijen.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 150 hektar hutan di wilayah gunung ijeng, tepatnya di kecamatan sempol bondowoso, dan kecamatan licin banyuwangi, dilalap si jago merah. belum diketahui secara pasti, apa penyebab kebakaran tersebut. Aktifitas pendakian di gunung ijen, sempat diberlakukan sistem buka tutup. namun sejak senin lalu, aktifitas pendakian sudah dibuka kembali, karena api sudah padam

(566 views)