Kupas Album: Egoist Extra Terrestial Biological Entities

220px-Extra_terrestrial_Biological_Entities_album_coverMungkin bagi penggemar anime terutama yang sudah menonton Guilty Crown dan Psycho Pass pasti tidak asing dengan nama EGOIST. EGOIST sendiri adalah sebuah musical project yang dibentuk oleh Ryo yang sudah terkenal berkat memproduseri lagu Hatsune Miku dan membentuk Supercell yang meraih popularitas di kalangan penikmat musik anime song (anisong) maupun yang bukan. Kali ini dia berkolaborasi dengan penyanyi yang dia temukan sewaktu mengaudisi album baru Supercell yang bernama Chelly untuk mengisi anime “Guilty Crown”.

Dalam Guilty Crown EGOIST adalah band fiksi dengan vokalis Inori Yuzuhira yang juga merupakan karakter utama dalam anime tersebut. Karena animo pecinta anime begitu besar terhadap musical project ini akhirnya EGOIST merilis album debutnya yang berjudul “Extra Terrestial Biological Entities” yang dirilis pada September 2012 dan duduk manis di posisi 9 di Japan Album Chart pada minggu pertama album ini rilis. Setelahnya EGOIST meluncurkan dua single untuk anime Psycho Pass yaitu “Namae no Nai Kaibutsu” dan “All Alone With You” yang mendapat posisi 10 besar di Jepang.

Meskipun pada album debut EGOIST “Extra Terrestial Biological Entities” mempunyai benang merah di jenis musik J-Pop pada album ini mereka memainkan banyak jenis musik seperti electro rock pada “The Everlasting Guilty Crown” yang menjadi lagu opening anime Guilty Crown. Lalu electro-glitch ala Crystal Castles pada “Te Okure”. “Extra Terrestial Biological Entities” yang seakan mirip karya ryo sebelumnya dalam Supercell yaitu “Love & Roll” namun dengan tambahan dubstep. “Omoi wo Megurasu 100 no Jishou” dan “Genzai no Tomoshibi mengandalkan musik akustik dan vokal lirih Chelly. “Ame, kimi wo Tsurete” bermain di ranah alternative rock. Unsur funk ditampilkan pada “Lovely Icecream Princess Sweetie”. Pop modern dengan sentuhan electro ala Primal Scream dan new wave muncul di “LoveStruck”. “Ce que j’aime ~inori no kyuuzitu~” bereksperimen dengan musik 8-bit. Musik R&B 90’an hadir dalam “Kono Sekai de Mitsuketa Mono”. “Planetes” dan lagu penutup untuk anime Guilty Crown yaitu ““Departures ~Anata ni Okuru Ai no Uta~” bermain mellow dengan tambahan string section.

Pada album ini ryo berkesplorasi ke dalam bidang electro setelah pada album Supercell yang berjudul “Today Is A Beautiful Day” unsur electro dan beat elektrik tidak terlalu dominan. Pada album ini juga ryo berhasil mengeksplor vokal Chelly yang manis, merdu, lirih dan misterius dalam waktu bersamaan. Vokal Chelly yang mampu beradaptasi dengan beat lagu dari yang cepat dan lambat menjadi salah satu nilai plus album ini. Meskipun EGOIST hanyalah karya fiksi untuk proyek anime Guilty Crown namun melalui album ini musikalitas dan komposisinya tidak main-main dan cukup bagus untuk ukuran album debut sebuah fiction musical project.

(CreativeDisc)

(673 views)