Antisipasi Kekeringan, Pemprov Jawa Timur Siapkan 300 Embung

Untuk mengantisipasi kekeringan di sejumlah daerah, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, akan membangun 300 lebih embung, atau tempat penampungan air.

Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf, Saat Berkunjung Ke Jember beberapa waktu yang lalu mengatakan, embung tersebut dibangun di sejumlah daerah yang menjadi langganan kekeringan saat musim kemarau. seperti di Bojonegoro, Ngawi, Daerah Jalur Pantai Utara, Tapal Kuda, Dan Madura.

Embung itu lanjut Gus Ipul, akan menggunakan tehnologi geo membran. dimana air yang sudah tertampung, tidak akan mudah terserap tanah. sehingga ketika memasuki musim kemarau, warga tidak bingung dengan kebutuhan air.

Lebih lanjut Gus Ipul menerangkan, sejak dua tahun terakhir, Pemprov Jawa Timur telah membangun sekitar 50 embung. kedepan, pemprov menargetkan pembangunan 300 lebih embung itu, sudah tuntas di seluruh kabupaten kota yang sering dilanda kekeringan.

Dia berharap, agar masyarakat bisa merawat serta menjaga embung tersebut dengan baik. sebab manfaat bangunan itu sangat besar, terutama ketika terjadi musim kemarau seperti saat sekarang.

(586 views)