Tentang Rencana Penetapan Perda RTRW Gagal Lagi

Paripurna penetapan Perda RTRW yang rencananya dilakukan selasa besok, gagal dilaksanakan. sebab sampai hari ini satu pasal terkait pertambangan, belum ditemukan kata sepakat antara eksekutif dan legislatif.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPRD Jember Miftahul Ulum senin siang. menurut ulum, dalam rapat banmus beberapa waktu lalu, paripurna penetapan perda rtrw yang rencananya dilaksanakan selasa besok batal diagendakan, namun memberikan mandat kepada pimpinan dewan untuk melakukan komunikasi dengan bupati.

Komunikasi untuk mencari titik temu ini menurut ulum perlu dilakukan, agar tidak menimbulkan pro kontra seperti perda pasar modern lalu. jika eksekutif dan legislatif sama-sama kaku, maka yang terjadi pembahasan yang memakan waktu sangat panjang ini menjadi sia-sia.

Pimpinan dprd lanjut ulum, juga sudah berkonsultasi dengan pemerintah pusat terkait persoalan ini. nampaknya pemerintah pusat tidak terlalu memaksa perda rtrw diselesaikan dewan periode saat ini. karena pemerintah pusat akan mengambil alih kewenangan membuat perda rtrw daerah jika memang tidak berhasil ditetapkan.

(416 views)