UTD PMI Jember Temukan 16 Kantong Darah Diduga Positif Mengandung Virus HIV

GAMBAR-BERITA18Unit Transfusi Daerah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Jember, menemukan 16 kantong darah, yang diduga mengandung virus HIV. Demikian disampaikan kepala utd pmi jember, dudung ari rusli.

Kepada sejumlah wartawan Dudung menjelaskan, jumlah tersebut sejak bulan juli hingga bulan september lalu. menurut dia, sebelum didistribusikan kepada masyarakat, kantong darah yang masuk ke utd pmi jember, akan dilakukan uji laboratorium.

Setelah dilakukan uji laboratorium itulah kata dudung, pihaknya menemukan 16 kantong darah, yang diduga mengandung virus hiv. atas temuan itu kata dia, utd pmi merekomendasikan kepada pendonor darah, untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke klinik vct di rsd subandi.

Untuk darah yang diduga terinfeksi virus HIV tadi, oleh UTD PMI Jember, langsung dimusnahkan agar tidak tercampur dengan darah yang sudah aman, dan siap didistribusikan kepada masyarakat.

Lebih lanjut Dudung menjelaskan, untuk usia pendonor yang darahnya diduga terinfeksi virus hiv, rata- rata masih di usia produktif, yakni usia 21 hingga 40 tahun. dan paling banyak didominasi kaum pria.

Hanya saja kata dia, data yang dimiliki UTD PMI Jember, tidak bisa dijadikan referensi besaran jumlah pengidap HIV Di Jember. Sebab kewenangan untuk melakukan pemeriksaan, dimiliki Klinik VCT Di Rumah Sakit Daerah.

(941 views)
Tag: