Naik 25 Persen Setahun Jember masuk daerah endemik penyebaran HIV AIDS

Kabupaten Jember masuk kategori daerah endemik penyebaran virus HIV AIDS. Dengan kenaikan jumlah penderita hingga 25 persen, kabupaten Jember masuk 10 besar dengan jumlah penderita AIDS terbanyak di Jawa Timur.

Humas Dinas Kesehatan Jember Yumarlis mengatakan, tahun 2012 lalu jumlah penderita HIV AIDS di Jember hanya 800 orang. Namun hingga akhir September lalu jumlah penderita AIDS di Jember meningkat hingga 25 persen atau sekitar seribu orang.

Untuk menanggulangi penyebaran HIV AIDS Dinas Kesehatan Jember saat ini sedang melaksanakan progam “aku tahu aku bangga” dengan sasaran remaja usia 15 sampai 24 tahun. Dengan progam ini diharapkan remaja memahami jika prilaku sex bebas sangat berpengaruh terhadap penularan penyakit HIV AIDS.

Yang lebih memprihatinkan lanjut Yumarlis, mayoritas penderita AIDS di Jember merupakan ibu-ibu rumah tangga, yang kemungkinan besar ditularkan oleh pasangannya. Meski demikian ada juga penderita HIV AIDS di Jember berasal dari kalangan TNI-Polri, pengusaha bahkan praktisi kesehatan.

(1.064 views)
Tag: