14 Desa Di Jember Rawan Kekeringan

GAMBAR-BERITA1814 desa yang tersebar di 9 kecamatan di kabupaten jember, terancam bencana kekeringan. badan penanggulangan bencana daerah jember berupaya membuat tandon-tandon untuk penyediaan air bersih.

Kepala BPBD Kabupaten Jember Suhanan menjelaskan, pihaknya sudah melakukan upaya antisipasi, dengan mendirikan tandon air bersih di 14 desa yang memiliki potensi tinggi terjadi kekeringan. pekan depan staf bpbd akan melakukan pengecekan ulang, untuk mengetahui jumlah air bersih yang dibutuhkan.

Jika memang dari penilaian staf sarana air bersih sudah sangat dibutuhkan, bpbd akan berkoordinasi dengan pdam, untuk mengirimkan air bersih ke 14 desa tersebut, sesuai dengan perkiraan jumlah kebutuhan masyarakat. untuk anggaran yang dibutuhkan menurut hanan, sejauh ini masih bisa diatasi dengan anggaran bpbd kabupaten jember sendiri.

Lebih jauh Hanan menerangkan, karena sangat dimungkinkan 14 desa ini menjadi langganan kekeringan, pada tahun anggaran depan pihaknya akan berupaya meminta bantuan badan nasional penanggulangan bencana atau bnpb. anggaran tersebut rencananya akan dipakai untuk pembuatan pipanisasi. sehingga penyaluran air bersih bisa lebih mudah.

(1.148 views)