Komisioner Panwaslu Kabupaten Jember Tidak Terdaftar Sebagai Pemilih

GAMBAR-BERITA18Komisioner Panwaslu Kabupaten Jember, Dima Akhyar, Jumat siang, melapor ke Panwaslu Kecamatan Sumbersari, karena ia dan keluarganya tidak terdaftar sebagai pemilih pada pemilu gubernur.

Kepada sejumlah wartawan Dima menjelaskan, laporan kali ini merupakan laporan kedua. ia ingin memastikan, apakah ia dan keluarganya sudah masuk dalam daftar pemilih tetap. sebab bagaimanapun katanya, semua warga memilik hak untuk menyalurkan hak pilihnya.

Dima mengaku pada proses pemutakhiran data pemilih pilgub, hingga ditetapkan menjadi dpt, sama sekali belum pernah didatangi oleh petugas pemutakhiran data pemilih, atau P2DP. Ia berharap, pasca laporannya tersebut, ia dan keluarganya langsung didaftar sebagai pemilih pada pilgub.

Menanggapi laporan itu, Komisioner Kpu Kabupaten Jember, Habib M Rohan menjelaskan, sebenarnya kpu kabupaten jember, pada saat proses pemutakhiran data pemilih, sudah melakukan sosialisasi, baik melalui media massa, maupun melalui alat peraga di lapangan.

Jadi masyarakat yang belum pernah di datangi oleh petugas, hendaknya ikut pro aktif mendatangi pps setempat, untuk melaporkan. bahkan kata rohan, pada tanggal 22 agustus lalu, kpu sudah melakukan pleno dpt perubahan. itupun berdasarkan rekomendasi dari panwaslu kabupaten jember. Sebab panwaslu kabupaten hingga tingkat lapangan, melakukan kegiatan pencocokan dan penelitian, atau coklit dpt pilgub hingga tingkatan bawah.

Jika memang lanjut Rohan, masih ada pemilih yang tertinggal, tentu kata rohan, kpu akan menindaklanjuti itu. apalagi pemilih yang belum terdata, merupakan salah satu penyelenggara pemilu.

(1.229 views)
Tag: