IBW Laporkan Dugaan Pemalsuan KTP Oleh Salah Satu Kades Terpilih

GAMBAR-BERITA18Indonesia Birocration Watch (IBW) Jember, melaporkan dugaan pemalsuan KTP yang disinyalir dilakukan oleh Salah Satu Oknum Kepala Desa Terpilih Di Kecamatan Panti, ke Mapolda Jatim. Selain Itu Ibw juga mendesak komisi a dprd jember, menelusuri kebenaran dugaan pemalsuan ktp tersebut.

Koordinator IBW Jember Sudarsono menjelaskan, pemalsuan ktp ini diduga dilakukan untuk memenuhi persyaratan pendaftaran calon kepala desa beberapa waktu lalu. tetapi ada dua hal mencolok yang menurutnya aneh. pertama secara fisik, ktp yang bersangkutan sedikit beda dengan ktp asli. dimala pada tanda tangan pengesahan, tidak tertulis atas nama bupati jember.

Sedangkan kejanggalan kedua, tanda tangan Kepala Dinas Kependudukan Isman Sutomo, berbeda dengan aslinya. bahkan lanjut darsono, ketika isman dikonfirmasi dengan tegas isman menyatakan itu bukan tanda tangannya. sebab menurut isman, ada beberapa ciri khusus dalam tanda tangannya yang tidak diketahui oleh pelaku.

Sementara Ketua Komisi A Dprd Jember Mohammad Jufreadi setelah menerima laporan ini mengatakan, akan segera memanggil dinas kependudukan untuk memberikan klarifikasi. namun karena yang bisa menentukan palsu atau tidaknya hanya pengadilan melalui penyidikan oleh kepolisian, maka komisi a hanya akan masuk melalui persyaratan pilkades. sehingga panitia pilkades harus bisa mengklarifikasi kejanggalan ini.

Jufreadi mengakui, kades terpilih yang dilaporkan oleh IBW ini memiiki identitas yang semrawut. identitas ijasah, identitas kutipan akte nikah dan identitas ktp berbeda-beda. jufreadi sendiri juga bingung bagaimana bisa satu orang yang sama memiliki identitas banyak.

(1.730 views)
Tag: