Dikeluarkan Dari Sekolah, Siswa MTs Ma’arif Kencong Terpaksa Ikut Kejar Paket B

GAMBAR-BERITA18Setelah melalui mediasi yang dilakukan komisi d dprd jember, Rabu siang orang tua Muhammad Wilda Aftoni, Siswa Kelas 9 Mts Ma’arif NU Kencong menerima putranya dikeluarkan daari sekolah, dan harus mengikuti ujian Kejar Paket B.

Dalam hearing Komisi D Dprd Jember Kepala Sekolah MTs Ma’arif NU Kencong Suwoto menjelaskan, Wilda sudah beberapa kali melakukan pelanggaran tata tertib sekolah. bahkan pihak sekolah sudah dua kali meminta yang bersangkutan membuat surat pernyataan, bersedia dikeluarkan jika melakukan pelanggaran lagi.

Terakhir, dengan disaksikan kedua orang tua dan perwakilan pelayanan terpadu perlindungan perempuan dan anak, wilda kembali membuat surat pernyataan karena surat pernyataan pertama ternyata tidak membuatnya jera. setelah membuat surat kedua, lagi-lagi wilda melakukan pelanggaran, minum-minuman keras dengan mengajak beberapa temannya. atas kesalahan ini pihak sekolah tidak bisa lagi mentoleransi. berdasarkan hasil rapat dewan guru beserta yayasan, wilda terpaksa dikeluarkan dari sekolah, meski satu bulan lagi harusnya mengikuti ujian nasional.

Perwakilan PPT perlindungan perempuan dan anak diana mengatakan, sebenarnya jika terjadi persoalan dengan prilaku anak, pasti ada penyebab yang melatar belakanginya. sehingga dalam persoalan ini wilda merupakan korban. untuk itu pendidikan wilda harus diselamatkan. ppt hanya meminta solusi agar wilda bisa tetap mengikuti ujian nasional tahun ini, agar bisa melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Setelah mendengarkan pendapat semua pihak termasuk kepala kantor kementerian agama jember, Ketua Komisi D Dprd Jember Ayub Junaedi menyimpulkan ada 3 opsi yang diberikan. pertama memaksakan wilda kembali sekolah di mts ma’arif dengan konsekuensi belum tentu pihak sekolah meluluskan, kedua tetap di mts ma’arif tetapi mengikuti ujian nasional tahun depan, ketiga mengikuti ujian kejar paket b dengan difasilitasi pihak sekolah dan Kantor Kementerian Agama Jember.

Dengan beberapa pertimbangan, akhirnya orang tua wilda legowo menerima anaknya dikeluarkan dari sekolah, dan setuju anaknya mengikuti ujian kejar paket b. untuk memperbaiki prilaku wilda agar menjadi lebih baik, menjadi tugas ppt perlindungan perempuan dan anak untuk mendampingi wilda dan orang tuanya.

(1.695 views)
Tag: