Pengiriman Dana TKI Alami Penurunan

Selama tahun 2012 lalu, pengiriman dana Tenaga Kerja Indonesia atau money remmitance mengalami penurunan. Tahun 2012 kiriman dana TKI sebesar 220 miliar lebih, sedangkan di tahun 2011 hampir mencapai 320 miliar rupiah.

Deputi kepala ekonomi dan moneter Bank Indonesia Jember Dwi Suslamanto mengaku belum bisa menjelaskan secara detail, apa penyebab penurunan itu. Sebab data triwulan ke empat dari kabupaten Bondowoso, sejauh belum masuk ke Bank Indonesia.

Suslamanto menambahkan, kabupaten Banyuwangi tetap duduk di peringkat pertama dengan kiriman dana sebanyak 164 miliar lebih, disusul kemudian kabupaten Jember hampir 53 milyar, lalu kabupaten Situbondo dan Bondowoso.  Data kiriman dana TKI itu bersumber dari perbankan saja. Jadi kata Suslamanto, bisa saja jumlahnya secara keseluruhan akan bertambah. Sebab saat ini banyak penyedia jasa pengiriman dana TKI selain perbankan.

Sebagaimana dilansir Bank Indonesia per tanggal 6 Maret lalu, ada 115 penyelenggara kegiatan usaha pengiriman uang yang telah memperoleh izin dari Bank Indonesia. Penyelanggara itu dalam bentuk perorangan dan badan usaha.

(984 views)
Tag: