Minat Petani Untuk Tanam Bawang Menurun Drastis

GAMBAR-BERITA18Luas lahan tanaman komoditas bawang putih dan merah semakin berkurang. dari 1200 hektar kini berkurang 50 persen, atau hanya tersisa 600 hektar saja. Demikian Disampaikan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Dan ESDM, Ahmad Sudiono.

Kepada sejumlah wartawan Ahmad menjelaskan, berkurangnya luas lahan tersebut, menunjukkan minat petani untuk menanam bawang semakin menurun. sehingga bisa jadi, kenaikan harga bawang salah satunya disebabkan karena persoalan ini.

Selain itu lanjut Ahmad, stok di dalam negeri minim, apalagi sejak beberapa waktu lalu, menteri pertanian membatasi produk impor holtikultura, dengan maksud produksi pertanian di dalam negeri, semakin meningkat. rupanya kebijakan itu, tidak didukung dengan kesiapan produksi pertanian di dalam negeri.

Ahmad memprediksi tingginya harga komoditas bawang putih dan merah, akan terus bertahan, hingga akhir bulan maret mendatang. sebab produk impor dari dua negara, yakni cina dan india, baru masuk akhir bulan maret.

Sebagaimana diketahui, di sejumlah daerah, harga komoditas bawang putih dan merah, sejak beberapa hari terakhir melambung tinggi. bahkan untuk bawang putih, harganya tembus hingga 100 ribu rupiah per kilogram.

(969 views)
Tag: