BNPB Akan Bangun Shelter Tsunami Di Jember

bnpbBadan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), akan membangun sejumlah shelter induk pengurangan resiko Bencana Tsunami Di Kabupaten Jember. Mengenai berapa jumlah shelter yang akan dibangun, menunggu penghitungan yang dilakukan BPBD Kabupaten Jember.

Kepala Pusat Data Dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, sesuai perintah Presiden SBY, BNPB diminta untuk menjalankan progam antisipasi bencana tsunami. diantaranya peringatan dini bencana tsunami di masjid dan gereja, serta kesiapsiagaan masyarakat dalam bentuk kegiatan latihan sosialisasi dan evakuasi, serta pembangunan shelter penampungan sementara.

Kabupaten Jember sendiri merupakan salah satu daerah yang akan mendapat bantuan pembangunan shelter. Dalam radius 500 meter, akan dibangun satu shelter untuk menampung masyarakat sekitar. sehingga berapa kebutuhan shelter untuk kabupaten jember, bnpb masih menunggu penghitungan yang dilakukan bpbd kabupaten.

Lebih jauh Sutopo menjelaskan, bnpb menyiapkan anggaran senilai 1 trilyun rupiah untuk progam ini. melihat kondisi geografis yang ada, 40 persen progam ini akan dijalankan di pesisir barat sumatera. meski demikian daerah lain yang dinilai rawan juga akan mendapat bantuan, diantaranya Bali, NTT, Papua dan Jawa Termasuk Kabupaten Jember.

(1.292 views)
Tag: