Pemkab Jember Kehilangan Potensi Pendapatan 2,4 Milyar Rupiah Per Tahun

GAMBAR-BERITA18Pemkab Jember kehilangan potensi pendapatan daerah senilai 2,4 milyar rupiah per tahun, akibat tidak masuknya hasil penanaman tebu di areal lapter ke kas daerah. Perhitungan ini berdasarkan kalkulasi yang dilakukan Anggota DPRD Jember Samuji Zarkasih, Yang Juga Tokoh Petani Tebu Jember.

Samuji menjelaskan, jika lahan tersebut disewakan untuk tanaman tebu, rata-rata 12 sampai 13 juta per hektar. tetapi jika dikelola sendiri bisa menghasilkan keuntungan bersih minimal 30 juta rupiah per hektar, setelah dikurangi biaya tanam, biaya perawatan, tenaga kerja dan lain-lain.

Total luas areal lapter 120 hektar, tetapi yang sudah termanfaatkan untuk lapter baru 40 hektar. sehingga ada 80 hektar yang belum termanfaatkan. belakangan diketahui sisa lahan yang belum termanfaatkan tersebut ditanami tebu, tetapi hasilnya tidak pernah masuk ke kas daerah. jika dihitung ada potensi pendapatan daerah senilai 2,4 milyar rupiah yang hilang.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Suprapto ketika dikonfirmasi sebelumnya, membenarkan tidak masuknya pendapatan daerah dari hasil penanaman tebu di areal lapter. menurutnya, dispenda setiap bulan selalu berkoordinasi dengan bagian keuangan pemkab jember. jika memang ada pemasukan, pasti sudah tecatat baik di bagian keuangan maupun dispenda. suprapto mengaku tidak tahu menahu urusan penanaman tebu di areal lapter. yang jelas sampai saat ini tidak pernah ada pemasukan dari sektor tersebut.

Lahan seluas 120 hektar Di Desa Wirowongso Kecamatan Ajung ini sebenarnya merupakan lahan hgu milik ptpn 12. Namun Ketika Masa Kepemimpinan Bupati Samsul Hadi Siswoyo, lahan tersebut di serahkan kepada pemkab jember melalui kerjasama operasional atau kso, untuk pembangunan lapter noto hadinegoro.

Hingga saat ini dari 120 hektar lahan yang tersedia, baru 40 hektar yang termanfaatkan. belakangan diketahui, sejak 3 tahun lalu lahan yang belum termanfaatkan tersebut ditanami tebu. namun anehnya hasil penanaman tebu tersebut tidak pernah masuk ke kas daerah. karena inilah kemudian lsm ibw melaporkannya ke kejaksaan negeri jember atas dugaan kasus korupsi.

 

(944 views)