Dapil Di Jember Diusulkan Bertambah Menjadi 8

GAMBAR-BERITA18Daerah Pemilihan (Dapil), Untuk Pemilihan Umum Legislatif Di Jember, diusulkan bertambah dua dapil. Demikian Disampaikan Ketua KPU Kabupaten Jember, Ketty Tri Setyorini, Kamis Siang.

Kepada sejumlah wartawan Ketty menjelaskan, saat ini Kpu Jember masih mempersiapkan dasar pemikiran, mengapa dapil di jember harus ditambah dua. dasar pemikiran itu nantinya, akan dikirimkan ke kpu pusat. sebab yang memiliki kewenangan untuk menetapkan bertambah atau tidaknya dapil, adalah kpu pusat.

Jika melihat jumlah pertambahan penduduk, sebenarnya dapil jember sudah layak untuk dimekarkan. Dapil yang dipecah menjadi enam, merupakan produk pemilu tahun 2004 lalu, yang saat itu jumlah penduduknya hanya 2,1 juta jiwa.  padahal saat ini jumlah penduduk jember sesuai data agregat kependudukan 2 mencapai 2,3 juta jiwa.

Apalagi melihat kesamaan kultur, kemudian jalur distribusi serta kedekatan daerah di masing- masing dapil, maka sudah layak untuk dimekarkan menjadi delapan dapil.

Sebelumnya Ketua Fraksi Golongan Karya DPRD Jember, Yudi Hartono mendukung rencana penambahan Daerah Pemilihan (Dapil), Di Kabupaten Jember. ia beralasan, jika melihat luas wilayah, serta jumlah pertambahan penduduk, maka penambahan dapil tersebut sangat rasional.

 

(1.371 views)
Tag: