Jamkesmas 2013 Disinyalir Tidak Tepat Sasaran

GAMBAR-BERITA18Banyak ditemukan pembagian Kartu Jamkesmas Tahun 2013 tidak sesuai sasaran. warga miskin yang tahun sebelumnya terdaftar sebagai penerima jamkesmas, tahun ini tidak lagi mendapatkannya, tetapi justru diganti oleh warga yang tergolong berkecukupan.

Seperti diungkapkan Agus, Salah Satu Pengurus RW 28 Lingkungan Patimura Kelurahan Jember Kidul Kecamatan Kaliwates. Menurut Agus, sampai saat memang kartu jamkesmas belum dibagikan. tetapi data penerima sudah diberikan kepada masing-masing Pengurus Rt. anehnya, data tersebut hanya berupa tulisan tangan, dan diberikan oleh petugas posyandu, bukan berasal dari puskesmas setempat.

Lebih aneh lagi menurut Agus, banyak warganya yang benar-benar miskin dan tercatat sebagai penerima jamkesmas tahun sebelumnya, ternyata saat ini sudah bukan penerima lagi. mereka digantikan oleh warga lain yang jauh lebih berkecukupan.

Sementara Humas Dinas Kesehatan Jember Yumarlis ketika dikonfirmasi per telfon, membenarkan banyaknya kesalahan dalam pembagian kartu jamkesmas. Menurut Yumarlis, dinas kesehatan banyak menerima masukan dari masyarakat, dan juga laporan dari sejumlah puskesmas.

Tetapi dinas kesehatan tidak bisa berbuat banyak, karena dinkes kabupaten dan propinsi tidak memiliki kewenangan dalam persoalan ini. dinkes hanya diberi tugas membagikan, sementara data diambil oleh pemerintah pusat dari tim nasional pengendali kemiskinan tahun 2011 yang dibentuk bersama BPS.

Untuk saat Ini Menurut Yumarlis, seluruh kartu yang sudah tercetak sesuai data dari pusat tetap akan dibagikan kepada masyarakat. Kedepan dinas kesehatan akan memberikan laporan banyaknya kesalahan data penerima kepada pemerintah pusat melalui dinas kesehatan propinsi.

Berdasarkan data yang dihimpun Kiss Fm, tahun berdasarkan data tahun 2009 lalu, jumlah penerima jamkesmas di kabupaten jember mencapai 695 ribu orang lebih. tahun 2013 mendatang, dengan merujuk hasil pendataan tim nasional pengendali kemiskinan tahun 2011 lalu, jumlah penerima jamkesmas di jember meningkat menjadi 811 ribu orang lebih.

(1.372 views)
Tag: