Kabupaten Jember Masuk 8 Besar Kabupaten Dengan Angka Kematian Ibu Dan Bayi Tertinggi Di Jawa Timur

GAMBAR-BERITA18Kabupaten Jember Masuk 8 besar kabupaten dengan angka kematian  ibu dan bayi yang cukup tinggi. hal ini disebabkan masih kuatnya kepercayaan masyarakat terhadap dukun, untuk membantu proses persalinan.

Humas Dinas Kesehatan Jember Yumarlis menerangkan, angka kematian bayi di kabupaten jember sepanjang tahun 2012 mencapai 339 orang atau sekitar 34 persen. angka ini menurut yumarlis sudah sedikit menurun dibanding tahun lalu, yang mencapai 456 orang atau sekitar 56 persen.

Ini membuktikan bahwa jaminan persalinan atau jampersal yang diberlakukan sejak april lalu, tidak memiliki daya ungkit yang tinggi untuk mengurangi angka kematian ibu dan bayi. sebab tingkat kepercayaan masyarakat terhadap dukun bayi yang jumlahnya di jember 3 kali lipat dibanding jumlah bidan masih sangat dominan.

Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur sebenarnya beberapa waktu lalu  sudah melarang dukun bayi membantu proses persalinan. proses persalinan hanya boleh dilakukan oleh bidan dan dokter saja. sebagai gantinya, dukun bayi diperbolehkan membantu paca melahirkan untuk merawat bayi.

(1.483 views)
Tag: