RSD Subandi Rawat 5 Balita Normal Dari Ibu Penderita HIV/ AIDS

RSD Subandi Jember saat ini sedang merawat 5 orang bayi, dari 5 orang ibu penderita HIV/ AIDS. Kelima bayi yang saat ini dirawat ternyata tidak terinveksi virus hiv dari ibunya, karena saat kehamilan ibu penderita HIV/ AIDS tersebut tertangani dengan baik di klinik VCT.

Koordinator Penanganan HIV/ AIDS RSD Subandi Jember Yustina Evi menjelaskan, memang bayi yang lahir dari ibu penderita hiv aids, bisa tidak tertular jika ditangani dengan benar. Inilah Menurut Evi, pentingnya melakukan pemeriksaan dini terhadap ibu hamil, yang dirasa berpotensi mengidap virus HIV/ AIDS.

Seorang bayi dari ibu penderita HIV/ AIDS, tidak boleh dilahirkan secara normal, tetapi harus dengan operasi. selain itu sesudah dilahirkan, bayi tersebut juga tidak boleh disusui oleh ibunya, karena air susu ibu mengandung virus yang dapat menular kepada anaknya.

Seperti diberitakan sebelumnya, RSD SUBANDI saat ini memang sedang berkonsentrasi menekan pertumbuhan angka bayi pengidap HIV/ AIDS. sejak tahun 2006 lalu, tercatat 24 bayi dilahirkan sudah terinfeksi virus hiv dari ibunya. dari 24 orang bayi tersebut 11 diantaranya sudah meninggal dunia, akibat menderita infeksi sekunder seperti gizi buruk dan tbc. sedangkan 13 bayi yang masih hidup sudah berusia 2,5 hingga 4,5 tahun, dan saat ini masih menejalani perawatan dan penanganan intensif dari rsud subandi.

(888 views)
Tag: