BNPB Minta Masyarakat Tetap Waspada

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Samsyul Ma’arif, meminta pemerintah daerah di 3 kabupaten jember bondowoso dan banyuwangi tetap waspada, meski saat ini aktivitas gunung raung sudah mulai menurun.

Hal ini disampaikan Samsul Ma’arif saat melihat kesiapan pemerintah daerah dalam menanggulangi kemungkinan terjadinya letusan gunung raung. Menurut Syamsul, secara ilmu pengetahuan, resiko letusan gunung raung saat ini sudah menurun. meski demikian gejala alam sulit diprediksi sehingga kewaspadaan perlu terus ditingkatkan.

Samsul juga memuji kesigapan Pemerintah Kabupaten Jember, Bondowoso Dan Banyuwangi. ketiga kabupaten ini sudah melakukan antisipasi untuk melindungi masyarakatnya. hanya tinggal perlu adanya penyediaan logistik yang memadai. untuk itu bnpb akan mendorong logistik dari pusat ke propinsi sebagai langkah antisipasi.

Dalam kunjungannya kali ini, BNPB juga mengajak tim dari kementerian sosial dan kesehatan. kementerian sosial akan menyalurkan bantuan kebutuhan masyarakat melalui dinas sosial, sedangkan dinas kesehatan menyediakan logistik obat-obatan untuk antisipasi terjadinya gangguan kesehatan.

Diberitakan sebelumnya, sejak akhir bulan oktober lalu, badan vulkanologi mencatat terjadinya kenaikan aktivitas gung raung. status dinaikkan menjadi siaga, masyarakat diminta tetap tenang tetapi bersiap-siap untuk mengungsi jika terjadi letusan.

(1.016 views)
Tag: