40 Persen Jamaah Haji Tidak Lulus SD

40 persen Jamaah Haji Asal Jember Tahun Pemberangkatan 2012, tidak lulus sekolah dasar. Ini membuktikan bahwa semangat Masyarakat Jember untuk menunaikan ibadah haji terutama dari pedesaan sangat besar. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Jember HM Raefi.

Menurut Raefi, memang ada perbedaan prilaku yang sangat mencolok pada masyarakat perkotaan dan pedesaan. Dengan tingkat pendidikan masyarakat desa yang rendah, mereka hanya berpikir yang penting mampu membayar biaya haji, mereka akan berangkat. Sedangkan untuk masyarakat kota, pada umumnya masih banyak pertimbangan untuk keperluan yang lain.

Kesulitan yang dialami lanjut Raefi, ketika calon jamaah haji ini mengikuti manasik haji. Kemenag sebenarnya berharap dengan manasik, calon jamaah haji sudah hafal doa yang akan mereka gunakan di tanah suci nantinya. Namun untuk jamaah haji yang buta aksara seperti ini tentu saja tidak mungkin menghafal. Tetapi mereka masih bisa mengikuti panduan dari petugas pembimbing di tanah suci nanti.

Total jamaah Haji Asal Jember Tahun 2012 ini mencapai 2.321 jamaah. Rencananya jamaah haji asal jember akan diberangkatkan tanggal 14 dan 15 oktober mendatang.

(882 views)
Tag: