Harga Mulai Naik, Jember Diserbu Tembakau Dari Luar Daerah

Pasca harga tembakau di Jember membaik, tembakau dari Luar Jember menyerbu gudang pabrikan yang ada di Jember. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Pemkab Jember, Ahmad Sudiono.

Kepada sejumlah wartawan Ahmad menjelaskan, pasca pertemuan petani dengan pabrikan, dan aksi demonstrasi petani tembakau, harga tembakau di jember mulai naik. Saat ini untuk tembakau kasturi kualitas satu mencapai 34 ribu rupiah per kilogram, sedangkan untuk tembakau rajang, per kilonya mencapai 27 ribu rupiah.

Menurut Ahmad, akibat kenaikan tersebut tembakau dari luar Jember, seperti Probolinggo, Lumajang, Situbondo Dan Bondowoso, akan dijual ke Jember. Sebab di tempat mereka harganya di bawah Kabupaten Jember.

Atas fenomena itu, disperindag telah meminta kepada pengawas gudang, untuk menolak tembakau dari Luar Jember. Mereka harus memprioritaskan tembakau milik petani Jember hingga habis.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bupati Jember MZA Djalal telah mengirimkan surat kepada seluruh pengusaha tembakau, agar menaikkan harga tembakau kasturi hingga 40 ribu rupiah per kilogram, dan 35 ribu rupiah untuk rajang.

(1.104 views)
Tag: