Angka Laka Lantas Turun 50 Persen

Angka kecelakaan selama arus mudik dan balik, menurun drastis hingga 50 persen. Demikian hasil evaluasi Operasi Ketupat Semeru Tahun 2012.

Kapolres Jember Ajun Komisaris Besar Polisi Jayadi, Senin siang mengatakan, jika dibandingkan dengan tahun lalu, angka kecelakaan lalu lintas, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas mengalami penurunan signifikan.

Sebagai perbandingan, Tahun 2011 lalu tercatat 17 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas, selama arus mudik dan balik. Sedangkan untuk tahun ini hanya 13 orang. Selain itu, tahun 2011 lalu ada 61 kasus laka lantas, sedangkan tahun ini hanya 35 kasus.

Jayadi menambahkan, paling banyak angka kecelakaan didominasi pengendara roda dua, dan disusul roda empat. Faktor penyebabnya paling banyak didominasi human error, atau kesalahan manusia.

Jayadi berharap, dari tahun ke tahun angka laka lantas, bisa terus ditekan. Untuk itulah, kedepan pihaknya akan terus meningkatkan kesiapsiagakan personilnya di lapangan, terutama pada saat arus mudik dan balik.

(773 views)