Ratusan Peserta Uji Kompetensi Guru Kleleran Akibat Sistem Online Ngadat

Ratusan guru di Kabupaten Jember hari ini gagal mengikuti ujian kompetensi guru atau ukg yang dilaksanakan serentak di Seluruh Indonesia. Sebab sisten secara online sama sekali tidak bisa berfungsi. Diperkirakan, persoalan ini bukan hanya terjadi di jember, tetapi juga di seluruh Indonesia.

Zaenullah, salah satu peserta UKG asal SMP Negeri 2 Rambipuji mengatakan, peserta ukg sama sekali tidak dapat mengakses situs departemen pendidikan nasional. Bahkan meski di coba mengakses melalui komputer lain di 4 ruang komputer yang ada, tetap saja tidak bisa. Diperkirakan kerusakan terjadi pada sistem yang ada di server departemen pendidikan nasional.

Akibatnya, sebagian peserta UKG sempat panik,, mereka meminta dinas pendidikan setempat berkoordinasi dengan departemen pendidikan nasional, agar segera dilakukan perbaikan system. Karena mereka tidak ingin UKG yang sudah dijadwalkan ditunda dalam waktu yang terlalu lama.

Salah satu pengawas ujian yang bertempat di SMA Negeri 2 Haryono membenarkan terjadinya gangguan sistem online departemen pendidikan nasional. Peserta sudah mencoba memasukkan user name dan pasword dengan benar, tetapi tetap saja sistem tidak bisa terbuka.

Kemungkinan Menurut Haryono, ujian untuk hari ini yang dijadwalkan dua gelombang, seluruhnya tidak bisa dilakukan. Meski demikian pengawas tetap membacakan tata tertib ujian, dan melakukan absensi terhadap peserta yang sudah hadir.

Sementara Kabid Ketenagaan Dinas Pendidikan Jember Heni Hayani ketika dikonfirmasi per telfon mengatakan, dalam persoalan UKG ini dinas pendidikan hanya bertugas sebagai pelaksana. Mengenai persoalan tehnis, menjadi kewenangan lembaga penjamin mutu pendidikan bersama depertemen pendidikan nasional.

Heni memperkirakan, karena terjadinya gangguan sistem online di pusat, akan ada kebijakan baru untuk peserta yang harusnya mengikuti UKG hari ini. Seperti apa kebijakan yang diberikan masih menunggu petunjuk lebih lanjut. Di Jember sendiri lanjut heni, ada sedikitnya 8 ribu orang guru yang akan mengikuti UKG, yang akan dilaksanakan bertahap selama 12 hari.

(918 views)
Tag: