Empat Jembatan Jalur Kereta Api Rawan Longsor Mulai Diperbaiki

Empat jembatan perlintasan kereta api rawan longsor, di wilayah PT KAI Daops 9 Jember mulai diperbaiki. Perbaikan dilakukan, untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan, akibat rel kereta bergeser, karena dihantam tanah longsor.

Manager Humas PT KAI Daops 9 Jember, Gatut Sutiyatmoko mengatakan, empat jembatan rawan longsor itu, tersebar di empat kabupaten. Yakni Pasuruan, Probolinggo, Jember dan Banyuwangi. PT KAI menargetkan, perbaikan tersebut rampung H-10 lebaran.

Gatut menambahkan, untuk perbaikan di Jalur Jember, tepatnya di jembatan mangli, sudah mencapai 90 persen. Saat ini, pihaknya memasang bebatuan dan besi rel bekas, sebagai penahan tebing sungai.

Menurut dia, para pekerja tinggal menyelesaikan pemasangan paku bumi, sebagai penyangga utama tebing jembatan rel kereta api. Paku bumi ini dipastikan akan kuat menahan tebing jembatan rel kereta api, yang sudah tiga kali bergeser, saat dihantam banjir bandang dan longsor tahun 2006 silam.

Gatut berharap, dengan perbaikan tersebut, para penumpang kereta api, bisa tenang, aman, dan nyaman selama perjalanan arus mudik maupun balik. Untuk angkutan lebaran sendiri, PT KAI rencananya akan menyiapkan delapan lokomotif.

(904 views)
Tag: