Lestarikan Olahraga Tradisional, Pemkab Jember Siapkan Tiga Olahraga Tradisional Dalam Event BBJ

Nasib olahraga tradisional terancam tergilas dengan olahraga modern. Apalagi di era sekarang bukan tidak mungkin, olahraga tradisional akan dilupakan. Demikian diungkapkan Bupati Jember, MZA Djalal, Kamis siang.

Dalam acara konferensi pers dengan wartawan, Djalal mengaku prihatin dengan nasib olahraga tradisional di saat sekarang. Padahal, didalamnya banyak nilai luhur yang diajarkan. Seperti rasa keberasamaan dan tolong menolong.

Jika dibandingkan dengan olahraga modern, tentu sangat berbeda. Permainan modern justru mengajarkan untuk bersikap individual, bahkan tidak jarang ditemukan ada unsur kekerasan yang diajarkan di dalamnya.

Untuk itulah lanjut Djalal, agar olahraga tradisional tetap terjaga, dalam event Bulan Berkunjung Ke Jember, ada tiga kegiatan yang disiapkan, yakni olahraga bola kasti, panjat pinang, dan kerapan sapi. Djalal menambahkan, kedepan selain olahraga tradisional, Kabupaten Jember akan kembali menjadi tuan rumah, dalam kegiatan permainan tradisional.

Lebih lanjut Djalal menjelaskan, selain melalui event BBJ, Pemkab Jember melalui dinas pendidikan, akan mewajibkan seluruh sekolah, agar melakukan kegiatan olahraga tradisional, pada saat kegiatan olahraga siswa.

(671 views)
Tag: