Ketua Komisi C: Pembangunan Pembatas Jalan Hayam Wuruk Janggal !

Ketua Komisi C DPRD Jember Mohammad Asir menyayangkan dibangunnya pembatas jalan hayam wuruk oleh pihak ketiga. Selain tanpa adanya koordinasi dengan pihak-pihak terkait, pembangunan taman jalan sebagai pembatas dinilai terburu-buru. Sebab urusan pembebasan lahan saja sampai saat ini belum tuntas secara keseluruhan.

Kepada sejumlah wartawan Asir menjelaskan, sejauh ini Komisi C belum pernah menerima surat pemberitahuan ataupun paparan, baik dari PU Bina Marga, Cipta Karya, dishub maupun dispenda terkait pembangunan pembatas Jalan Hayam Wuruk. Sehingga Komisi C sendiri juga belum tahu kenapa pembatas jalan sudah dibangun, padahal urusan pembebasan lahan saja masih belum kelar. Lebih janggal lagi, bina marga sebagai SKPD yang berwenang kabarnya juga tidak tahu adanya pembangunan pembatas jalan ini.

Jika alasan pembangunan taman jalan sebagai pembatas bertujuan mengurangi resiko kecelakaan, Asir justru menilai sebaliknya. Dengan belum tuntasnya pembebasan lahan, justru akan mempersempit ruas Jalan Hayam Wuruk. Pekan depan, Komisi C akan memanggil seluruh SKPD terkait untuk memberikan klarifikasi terkait pembangunan pembatas jalan yang dilakukan tanpa koordinasi tersebut.

Lebih jauh Asir menerangkan, dirinya juga tidak tahu alasan kenapa pembangunan pembatas jalan diberikan kepada pihak ketiga. Meski sistem hak bangun serah boleh dilakukan, tetapi Menurut Asir merugikan pemkab. Sebab jika dibangun sendiri oleh pemkab, tentu retribusi yang diperoleh untuk pendapatan daerah jelas jauh lebih besar, dibanding ketika dikerjakan oleh pihak ketiga dengan sitem bangun guna serah.

 

(688 views)
Tag: