Penyaluran KUR Terkendala Belum Adanya Asosiasi Pedagang Pasar

Hingga saat ini ternyata Kabupaten Jember belum memiliki asosiasi pedagang pasar tingkat kabupaten. Padahal sejumlah perbankan untuk mencairkan kredit usaha rakyat, mensyaratkan adanya asosiasi pedagang pasar tingkat kabupaten sebagai penjamin.

Kepala Dinas Pasar Jember Hasi Madani, mengaku juga baru tahu jika perbankan mensyaratkan adanya asosiasi pedagang pasar tingkat kabupaten, untuk penyaluran Kredit Usaha Rakyat. Hasi mengaku beberapa waktu lalu dihubungi pihak perbankan yanag akan menyalurkan KUR, menanyakan tentang alamat sekretariat dan nama ketua asosiasi pedagang Pasar Jember.

Memang lanjut Hasi, selama ini belum terbentuk asosiasi pedagang pasar tingkat kabupaten. Yang ada hanya asosiasi pedagang di masing-masing pasar. Tetapi karena menjadi salah satu persyaratan, saat ini hasi sudah mulai menggagas pembentukan asosiasi pedagang pasar tingkat kabupaten. Sehingga kedepan bantuan berupa kredit lunak untuk para pedagang mudah tersalurkan.

Lebih jauh Hasi menerangkan, selain berorientasi mempermudah penyaluran bantuan kepada pedagang, hasi berharap kedepan asosiasi pedagang pasar tingkat kabupaten bisa membentuk semacam koperasi, yang bisa memenuhi kebutuhan pedagang, dalam hal pembiayaan, tentu dengan bunga yang tidak terlalu besar.

(591 views)
Tag: