Rekrutment Direksi PDP Melalui Fit And Proper Test

Jajaran direksi Perusahaan Daerah Perkebunan, akan di rekrut melalui proses fit and Proper Test, yang kemudian diusulkan kepada bupati sebagai komisaris perusahaan daerah. Demikian salah satu klausul yg disepakati dalam pembahasan Perda PDP di DPRD Jember Kamis siang.

Anggota Pansus I pembahasan Perda PDP Ayub Junaedi menjelaskan, salah satu pasal yang sudah disetujui terkait persoalan proses rekrutmen Direksi PDP. Untuk komposisi tetap 3 orang, satu direktur utama dibantu oleh 2 direktur.

Namun rekrutmentnya, dilakukan dengan cara pendaftaran secara terbuka. Kemudian proses seleksi dilakukan oleh tim, sehingga mengerucut menjadi beberapa nama, yang akan diusulkan kepada bupati sebagai komisaris. Sehingga tidak mengurangi kewenangan bupati, karena bupati bisa memilih 3 nama yg sejumlah nama yang diusulkan tim seleksi.

Lebih jauh Ayub menerangkan, terkait komposisi tim seleksi menjadi kewenangan dprd untuk membentuknya. Apakah terdiri dari pimpinan komisi dan fraksi, atau diserahkan kepada tim independent. Namun secara pribadi, ayub lebih sepakat menyerahkannya seleksi kepada profesional murni. Sehingga tidak ada lagi campur tangan secara politis dalam rekrutment Direksi PDP.

 

(690 views)
Tag: