Anggota F-PKS Desak Pimpinan Dprd Blak-Blak’an Terkait Rumor Adanya Oknum Anggota Dewan Ikut Bermain Dalam Pertambangan

Anggota Fraksi Keadilan Sejahtera DPRD Jember Syahroni medesak pimpinan DPRD membuka seluas-luasnya identitas dan penyelesaian terkait indikasi adanya oknum anggota dewan yang ikut bermain dalam pertambangan.

Menurut Syahroni, saat ini sudah bukan jamannya lagi menutup-nutupi persoalan. Pimpinan harusnya segera membuka persoalan ini kepada public, agar jelas siapa oknum yang dimaksud dan apakah benar mereka memiliki hak penambangan seperti yang dikabarkan. Sebab jika tidak dibuka kepada public, dikhawatirkan sesama anggota dewan akan timbul rasa saling curiga.

Memang dalam tatib DPRD yang merupakan turunan dari undang-undang susduk DPR, ada beberapa profesi yang diharamkan. Sedangkan untuk persoalan fungsi pengawasan dan obyek yang diawasi, bisa ditafsirkan bermacam-macam. Seharusnya Disperindag sebagai verifikator tidak pandang bulu ketika akan mengeluarkan ijin. Banyak hal yang harus dipenuhi ketika mengurus ijin penambangan. Jangan hanya karena yang mengajukan anggota dewan kemudian di loloskan begitu saja.

Diberitakan sebelumnya wakil ketua DPRD Jember Miftahul Ulum berjanji akan segera melakukan penelusuran, terkait kebenaran kabar adanya oknum anggota dewan yang ikut bermain dalam tambang kapur di kawasan gunung Sadeng Puger.

Menurut Ulum, seharusnya jika memang ijin tersebut sudah dimiliki sejak sebelum menjabat sebagai anggota dewan, yang bersangkutan harus mundur. Apalagi yang mendapatkannya setelah menjadi anggota dewan, Jelas secara aturan tidak diperkenankan. Menurut Ulum bagaimana dewan bisa melakukan pengawasan jika dia sendiri ikut bermain di dalamnya.

(1.329 views)
Tag: