Rp 6,5 Milyar Anggaran KONI Digunakan Untuk Biayai 29 Event BBJ

Dari Rp 8,8 Milyar yang merupakan dana hibah untuk Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Cabang Jember, ternyata hanya Rp 2,3 Milyar saja yang benar-benar digunakan untuk kegiatan olah raga murni. Hal ini terungkap dalam hearing Komisi D DPRD Jember dengan Pengurus KONI Jumat pagi.

Komisi D memanggil pengurus koni untuk menggelar dengar pendapat, terkait keseluruhan kinerja Pengurus KONI. Namun dalam pertemuan tersebut mengerucut pada persoalan anggaran, yang menimbulkan banyak tanda Tanya. Salah satunya mayoritas anggaran digunakan untuk kegiatan yang justru bukan menjadi kewenangan KONI.

Ketua Komisi D DPRD Jember Ayub Junaedi mengatakan, dirinya justru kasihan kepada Ketua KONI nantinya jika harus berurusan dengan penegak hokum. Sebab anggaran yang dihibahkan kepadanya tidak bisa dipertanggung jawabkan penggunaannya. Sebab ternyata anggaran yang dihibahkan kepada KONI, lebih banyak terserap untuk 29 jenis kegiatan dalam agenda Bulan Berkunjung Ke Jember.

Lebih jauh Ayub menjelaskan, aparat penegak hukum pasti juga bertanya-tanya, untuk apa anggaran senilai Rp 6,5 Milyar di KONI habis hanya dalam waktu 2 bulan. Ayub menegaskan, bukan berarti dirinya tidak setuju dengan BBJ, tetapi seharusnya penganggaran dilakukan secara benar, melekat pada SKPD yang memang berwenang menangani persoalan tersebut, agar tidak menyisakan persoalan hukum di kemudian hari.

Sementara Ketua KONI Jember Gatot Harsono ketika dikonfirmasi usai hearing membantah, dana senilai Rp 6,5 Milyar yang ada di koni merupakan dana titipan BBJ. Meski koni memiliki anggaran sebesar itu, bukan berarti harus dihabiskan untuk kegiatan. Tetapi diharapkan bisa kembali sebagian, dengan asumsi kegiatan banyak dibiayai oleh sponsor.

Gatot juga membantah penggunaan anggaran tersebut tidak bisa dipertanggung jawabkan. Sebab meski yang mengelola nantinya pihak lain, tetapi penggunaannya tentu saja harus sepengetahun KONI. Sehingga KONI bisa mempertanggung jawabkan penggunaannya.

(645 views)
Tag: