Ratusan TKI Jember Kapok Kembali Lagi

Sebanyak 300 Tenaga Kerja Indonesia Asal Jember, mengaku enggan untuk berangkat kembali, setelah dideportasi Pemerintah Malaysia, gara- gara tidak memiliki identitas alias illegal.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Jember, Ahmad Hariadi menjelaskan, dari 300 TKI tersebut paling banyak berada di Daerah Sumberbaru yakni 85 orang. Kemudian sisanya tersebar di seluruh Wilayah Jember.

Menurut Hariadi, setelah dilakukan pendataan, ternyata mereka mengaku diberangkatkan ke Malaysia oleh perseorangan, tanpa melalui PJTKI resmi. Setiba di Malaysia, mereka dikawal tekong, menuju tempat kerja yang telah dijanjikan.

Mayoritas lanjut Hariadi, 300 TKI tersebut menjadi pembantu rumah tangga, dan ada juga yang menjadi pekerja serabutan. Sehingga katanya, ketika ada persoalan pihak berwenang akan sulit untuk menuntaskan.

Lebih lanjut Hariadi menjelaskan, sebenarnya pihaknya telah berupaya mengumpulkan 300 TKI tersebut, untuk diberangkatkan kembali dengan jalur legal. Hanya saja sayangnya, mereka enggan kembali menjadi tki lantaran malu.

 

(633 views)
Tag: