Ketua PMI Jember Pesimis Relawan Desa Bisa Responsive

Ketua PMI Cabang Jember Sandi Suwardi Hasan, pesimis sukarelawan desa yang saat ini terbentuk di sedikitnya 40 desa, bisa responsif 100 persen. Sebab anggota relawan desa yang sudah direkrut saat ini, memiliki keterikatan tersendiri dengan elemen lain.

Menurut Sandi, setelah dilakukan evaluasi beberapa waktu lalu, dirinya pesimis sukarelawan desa mampu merespon cepat kejadian tanggap darurat. Untuk yang memiliki keterikatan dengan partai politik tertentu misalnya, selalu berpikir mereka akan dapat apa dari kegiatan ini. Sedangkan untuk relawan yang berasal dari kelompok pemuda, mereka masih harus menyesuaikan dengan kegiatan organisasi kepemudaannya.

Sandi memperkirakan, mereka bisa memberikan respon cepat 50 persen saja sudah sangat bagus. Untuk itu Sandi akan terus berupaya melakukan peningkatan-peningkatan kapasitas relawan PMI, terutama di tingkat kecamatan. Namun tentu saja hal ini tidak bisa dilakukan dalam waktu yang cepat.

Diberitakan sebelumnya, PMI Cabang Jember berencana membentuk relawan berbasis desa, untuk mempercepat respon tanggap bencana, maupun untuk melakukan berbagai jenis kegiatan pmi yang lain. Salah satu misalnya untuk melakukan pembangunan database pendonor darah. Sehingga ketika database sudah terbentuk, ketika pmi membutuhkan stock golongan darah tertentu, tinggal mendatangi calon pendonor yang sudah terdaftar.

(769 views)
Tag: