Target PAD PDP Dipastikan Turun

Target Pendapatan Asli Daerah dari Perusahaan Daerah Perkebunan Tahun 2012 dipastikan menurun dibanding pendapatan tahun 2011 lalu. Sebab direksi PDP tahun ini mengambil kebijakan peremajaan dan penyehatan tanaman yang menyedot anggaran cukup besar.

Direktur Utama PDP Jember Sudjatmiko menjelaskan, jika Tahun 2011 lalu PAD Yang ditargetkan kepada PDP senilai Rp 9,5 Milyar, sudah berhasil dipenuhi bahkan sedikit melampaui yang ditargetkan. Tetapi untuk Tahun 2012 ini, hampir bisa dipastikan pendapatan PDP akan lebih rendah dibanding Tahun 2011 lalu.

Sebab Menurut Sudjatmiko, pada masa yang lalu perawatan tanaman kurang diperhatikan sehingga produktifitas menurun. Untuk memperbaikinya, tentu harus dilakukan penyehatan tanaman dengan memberikan pupuk yang cukup, serta dilakukan peremajaan terhadap tanaman yang sudah berusia terlalu tua dan tidak produktif lagi.

Untuk kebutuhan tersebut, setidaknya PDP membutuhkan anggaran senilai Rp 14 Milyar rupiah lebih, atau hampir 3 kali lipat lebih besar dibanding anggaran yang disediakan pada tahun-tahun sebelumnya. Ditambah lagi penurunan produksi akibat dilakukannya peremajaan tanaman karet, yang baru bisa dipanen secara maksimal ketika sudah berusia 6 tahun keatas. Sehingga diperkirakan pdp hanya mampu memberikan PAD sebesar 7,1 milyar rupiah.

 

(715 views)
Tag: