Bupati Instruksikan Batasi Pemberian Ijin Toko Modern

Bupati instruksikan SKPD lebih selektif memberikan ijin toko modern. Sebab berdasarkan penelitian, perkembangan toko modern saat ini jauh lebih pesat dibanding pasar tradisional. Sehingga dikhawatirkan toko modern justru akan membunuh keberadaan pasar tradisional.

Bupati Jember MZA Djalal ketika dikonfirmasi mengatakan, beberapa waktu lalu sudah melakukan pertemuan dengan para pedagang pasar tradisional di daerah tanggul. Solusi yang mereka minta, keberadaan toko modern tidak berdekatan dengan pasar tradisional. Usulan tersebut yang kemudian didisposisikan kepada skpd, untuk lebih selektif dalam memberikan ijin.

Sedangkan dua toko modern besar yang ada di jember juga pernah diminta untuk memberikan solusi terbaik, membantu Pemkab Jember agar pasar tradisional tidak mati atas keberadaan mereka. Saat ini pemkab tinggal menunggu usulan kongkrit dari mereka.

Lebih jauh Djalal menerangkan, kalo untuk menghentikan pemberian ijin toko pasar modern sangat sulit untuk dilakukan. Sebab masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Yang terpenting bagaimana caranya agar tidak saling mematikan. Djalal juga mengaku tidak bisa berbuat banyak, terhadap toko modern yang sudah terlanjur diberikan ijin meski lokasinya berdekatan dengan pasar tradisional.

(818 views)
Tag: