Bupati Kaget Angka Buta Aksara Jember Tertinggi Di Jawa Timur

Bupati Jember MZA Djalal mengaku bingung dengan release yang dikeluarkan kementerian pendidikan, dimana menempatkan Jember diurutan pertama dengan jumlah buta huruf terbanyak di Jawa Timur.

Usai sidang paripurna Bupati Jember MZA Djalal ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan, tahun 2007 dan 2009 lalu kementerian pendidikan memberikan penghargaan kepada Jember, karena dinilai kabupaten terbaik untuk pengentasan buta huruf.

Logikanya menurut Djalal, setingkat kementerian pendidikan sebelum memberikan penghargaan tentu melalui proses panjang, disertai data kongkrit. Menjadi aneh jika kemudian kementerian pendidikan yang dulu menyatakan jember bebas buta huruf, kemudian sekarang Menyatakan Jember sebagai kabupaten dengan angka buta huruf terbesar.

Lebih jauh Djalal menerangkan, mungkin yang tidak sama bukan datanya, melainkan kriteria ataupun tolak ukurnya. Yang menjadi dasar bagi Pemkab Jember bukan sesuai ijasah lulus SD, tetapi yang terpenting bisa membaca, menulis dan berhitung, berarti sudah lolos dari buta aksara. Bisa jadi tolak ukur yang dipakai kementerian pendidikan berdasarkan pendidikan formal berijasah.

Diberitakan media massa sebelumnya, Jawa Timur merupakan propinsi dengan jumlah buta aksara terbesar di Indonesia. Sementara untuk Jawa Timur sendiri, urutan teratas ditempati Jember dengan jumlah warga buta aksara sebanyak 204 ribu orang. Kemudian di susul Sumenep, Sampang, Probolinggo dan Pamekasan di urutan berikutnya.

 

(773 views)
Tag: