Pembangunan Terminal Cargo Diperkirakan Menghabiskan Dana Rp 40 Miliar

Dinas Perhubungan Kabupaten Jember, memperkirakan butuh dana sekitar Rp 40 Miliar, untuk membangun sebuah Terminal Cargo Di Jember. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan, Juwarto.

Kepada sejumlah wartawan Juwarto menjelaskan, dana tersebut sudah dihitung dengan pengadaan tanah. Diperkirakan perlu sekitar 3 hektar tanah, untuk pembangunan terminal cargo di Jember.

Ada tiga alternatif tempat yang telah disiapkan Dinas Perhubungan. Diantaranya di Daerah Rambipuji, Kranjingan dan Ajung. Namun sayangnya Kata Juwarto, pembangunan terminal cargo tidak bisa direalisasikan dalam waktu dekat, karena belum masuk prioritas pembangunan.

Meski demikian, Juwarto mengaku telah mengusulkan pembangunan terminal cargo, ke Kementrian Perhubungan. Paling tidak katanya, ada dana yang digelontorkan dari pemerintah pusat. Sebab jika melihat kondisi Jember, sebetulnya sudah layak memiliki terminal cargo.

Sebenarnya pembangunan terminal cargo, telah direkomendasikan DPRD Jember, sejak Tahun 2009 lalu. Hanya saja karena keterbatasan anggaran, hingga saat ini belum ada tindak lanjut apapun. Bahkan untuk persiapan pembangunan terminal cargo, tahun lalu, Komisi C telah melakukan studi banding ke Solo, untuk melihat konsep serta operasional terminal cargo.

(570 views)
Tag: